Hey sob? kita akan membahas mengenai bagaimana caranya untuk memanfaatkan waktu 24 jam menjadi lebih semakin produktif. Ya waktu merupakan hal paling berharga di dunia, karena waktu yang kita gunakan tidak akan pernah kembali lagi.
Banyak orang yang mengeluh dan stress akibat dari waktu mereka yang terasa sangat cepat habis dan selalu saja kurang dan tidak menghasilkan banyak hasil.
Hal itu disebabkan karena di jaman sekarang, ada dua kondisi yang sering kita hadapi yaitu antara diri kita terlalu sibuk atau terdistraksi oleh lingkungan sekitar.
Kita Sibuk
Kita sering sibuk dengan banyak hal. Sibuk berkerja, sibuk meeting, sibuk belajar, sibuk mengerjakan to-do list, dan sibuk kesibukan lainnya.
Intinya, diri kita merasa setiap waktu harus diisi dengan kesibukan, kalau kita tidak sibuk, kita akan merasa waktu tersebut tersia-siakan. Padahal hal ini tidak selamanya benar.
Kita Terdistraksi
Selain selalu sibuk, kita juga selalu terdistraksi oleh lingkungan atau benda-benda kekitar.
Banyak orang yang bangun pagi pasti pertama kali yang dicari ialah hpnya, sama halnya kalau kita sedang istirahat atau kita bosan, kita juga pasti mencari hp kita.
Hal ini karena membuka hp sudah menjadi kebiasaan yang terus berulang di bawah sadar kita. Semacam perilaku yang kita lakukan secara otomatis tanpa berpikir (default).
Kita sibuk atau terdistraksi disebabkan karena beberapa kita bersikap reaktif dalam menjalani hidup, padahal seharusnya kita proaktif.
Proaktif itu bisa diartikan sebagai memilih. Yaitu memilih atas dasar kesadaran diri.
Salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih proaktif dalam menggunakan waktu kita adalah dengan memiliki highlight.
Highlight adalah sebuah hal yang ingin kita capai dalam suatu hari tertentu.
Ketika ditanya "Apa hal terbaik yang terjadi di hari ini?", kemungkinan besar kita ingin menjawab dengan highlight yang sudah kita pilih.
Highlight tersebut bisa jadi berupa tugas yang sudah lama ingin kita selesaikan, film yang ingin kita tonton, masakan yang ingin kita buat, dan sebagainya.
Kita harus menyusun jadwal dan menyelesaikan pekerjaan kita di hari tersebut agar kita dapat melakukan highlight yang sudah kita pilih.
Contoh:
Misalnya highlight saya hari ini adalah nonton Drama Korea di malam hari, artinya saya harus mengatur jadwal dan menyelesaikan pekerjaan saya di hari itu, sehingga saya bisa menonton dengan tenang tanpa kepikiran pekerjaan yang belum selesai.
Dengan memiliki highlight setiap harinya, kita dapat menjadi lebih fokus karena ada suatu tujuan yang ingin kita capai di hari ini.
Bagaimana menentukan highlight kita? bisa dengan menanyakan hal-hal semacam ini:
Jika suatu hal itu penting buat kita, pasti kita akan meluangkan waktu untuk hal tersebut.
Siapa contoh orang-orang yang telah sukses menerapkan highlight ini?
Mereka semua meluangkan waktu untuk hal-hal yang penting bagi mereka.
Setelah kita memilih highlight, selanjutnya adalah bagaimana menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin dalam waktu yang seefisien mungkin.
Ada beberapa tips terbaik untuk melakukannya. Berikut merupakan tips untuk meningkatkan produktifitas harian kita.
Singkirkan gangguan yang ada pada saat kita mengerjakan sesuatu, misalnya dengan cara memberi password untuk membuka sebuah aplikasi media sosial, atau mungkin cara yang lebih ekstrim dengan melakukan uninstall pada smartphone khusus untuk pekerjaan (jadi hanya aplikasi khusus terkait pekerjaan yang ada di situ).
Kunci pintu. Pakai headset. Jauhkan smartphone. Ciptakan lingkungan pekerjaan yang bisa bebas dari gangguan (distraction free).
Ketika melakukan sesuatu hal, fokuslah hanya pada pekerjaan yang kita hadapi saat ini. Jangan mengerjakan banyak hal secara bersamaan (multitasking).
Banyak metode untuk kita dapat bekerja dengan fokus di depan mata. Misalnya Metode Pomodoro (bekerja fokus tanpa gangguan selama 25 menit, lalu break 5 menit).
Ketahui jenis ritme tubuhmu, apakah kamu termasuk orang yang lebih produktif ketika pagi atau lebih produktif ketika malam.
Misalkan kamu tipenya produktif ketika pagi hari, maka lakukan tugas yang paling berat di pagi hari ketika konsentrasi tertinggi berada di saat tersebut.
Dengan melakukan tugas di waktu terbaik kita, hasilnya akan lebih bagus dan waktu yang dibutuhkan jadi lebih singkat.
Yang lebih penting bukan seberapa cepat kita bisa berlari, tapi apakah kita sudah berlari ke arah yang benar. Menjadi sibuk itu seperti berlari di atas treadmill. Menjadi produktif seperti berlari maraton. Sama-sama berlari, namun yang satu tetap di tempat dan satu lagi maju ke depan.
Jadi, bukan seberapa sibuk kita bisa mengisi waktu yang kita miliki, tapi apakah kesibukan kita itu untuk melakukan suatu hal yang tepat.
0 Komentar